Icon Moon Batman Begins - Diagonal Resize 2

Monday, April 27, 2015

TUGAS MATA KULIAH






MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Dosen Pengampu:
Drs.  Sunyoto M.Si.



Disusun oleh:
                                             Nama      :           Rozaq Mustofa Lutfi
NIM       :           5201413042
Rombel   :           1


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
APRIL 2015


KATA PENGATAR
           
Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas  ini. Tidak lupa juga Saya capkan terima kasih kepada dosen MANAJEMEN DAN KERIRAUSAHAAN  Drs. Sunyoto M.Si  yang telah membimbing Saya agar dapat mengerti tentang bagaimana cara menyusun laporan ini. Laporan ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang success story. Dengan penuh kesabaran tugas  ini dapat terselesaikan. Semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi para pelajar ataupun, umum khususnya pada diri saya sendiri dan semua yang membaca laporan ini, Dan  mudah mudahan juga  dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca .
Dalam penyelesaian tugas ini kami banyak menerima bantuan dan dukungan dari banyak pihak, dan kesempatan ini kami berterimakasih kepada :
1.      Kedua orang tua kami yang telah memberikan kasih sayang dan dukungan baik Moril maupun Materiil sehingga kami dapat menyelesaikan laporan akhir ini.
Akhir kata kami sebagai penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Dari kami mungkin masih ada kekurangan dan kesalahan, oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan buku ini..
                                                                                   
Semarang, 14 April 2015

                                                                                   
                                                                                   
Penyusun

DAFTAR ISI
Kata Pengantar...................................................................................................... ii
DAFTAR ISI......................................................................................................... iii
BAB 1 BIOGRAFI ERICK THOHIR
            1.1.            Latar Belakang  Keluarga..................................................................... 1
            1.2.            Latar Belakang Pendidikan.................................................................... 1
            1.3.            Perjalanan Karier.................................................................................... 2
            1.4.            Kiat Wirausaha....................................................................................... 3
            1.5.            Kesimpulan............................................................................................ 8...........
BAB 2 BIOGRAFI ARIFIN PANIGORO
2.1.          Latar Belakang Keluarga....................................................................... 9
2.2.          Latar Belakang Pendidikan ..................................................................  9
2.3.          Perjalanan Karier.................................................................................... 9
2.4.          Kiat Wirausaha..................................................................................... 10
2.5.          Kesimpulan.......................................................................................... 11
BAB 3 BIOGRAFI SOICHIRO HONDA
3.1.          Latar Belakang Keluarga ...................................................................  12
3.2.          Latar Belakang Pendidikan.................................................................. 13
3.3.          Perjalanan Karier.................................................................................. 13
3.4.          Kiat Wirausaha..................................................................................... 15
3.5.          Kesimpulan.......................................................................................... 21
BAB 4 BIOGRAFI YATARO IWASAKI
4.1.          Latar Belakang Keluarga..................................................................... 22
4.2.          Latar Belakang Pendidikan.................................................................. 22
4.3.          Perjalanan Karier.................................................................................. 23
4.4.          Kiat Wirausaha..................................................................................... 24
4.5.          Kesimpulan ........................................................................................  25

RANGKUMAN................................................................................................... 25
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 26


BIOGRAFI ERICK THOHIR (MAHAKA MEDIA)
Erick Thohir itu ? Simak saja profil lengkapnya di bawah ini.


Description: Profil Lengkap Erick Thohir | Berita Sepak Bola




Nama Lengkap            : Erick Thohir
Nama Akrab                : Thohir
Lahir                            : Mei 1970
Perusahaan                  : Mahaka Media,                                             Astra International,                                         dll
Orang Tua                   : Teddy Thohir
Agama                         : Islam




1.1. LATAR BELAKANG KELUARGA
Erick Thohir dilahirkan di Jakarta pada 30 Mei 1970. Dia adalah seorang pengusaha asal Indonesia dan merupakan salah satu pendiri Mahaka Media dan pemilik klub sepak bola Italia Inter Milan dan DC United. Ia menjadi terkenal karena aktivitas bisnisnya di bidang olahraga. Erick lahir dari keluarga yang berapresiasi tinggi akan media islamine.  Ia adalah anak dari pengusaha Teddy Thohir, salah satu pemilik (co-owner) dari grup Astra International bersama William Soeryadjaya. Sedari kecil, Erick Thohir bersama saudaranya yang lain yaitu Boy Thohir dan Rika sudah diperkenalkan oleh ayahnya tentang apa itu bisnis. Garibaldi "Boy" Thohir, adalah seorang bankir investasi. Sekalipun konservatif dalam mengelola investasi pribadinya, Erick cukup kreatif dengan menyebar ke beberapa ladang investasi yang dianggapnya aman. Sehingga pola pikir Erick bersaudara juga tak jauh beda denga sang ayah.  Sekarang Erick thohir menikah dengan Elizabeth Chandra. Dengan Elizabeth dia mempunyai 3 anak yaitu pertama Magisha Afryea Thohir, kedua Mahatma Arfala Thohir dan terakhir  Mahendra Agakhan Thohir . semua anaknya mempunyai akhiran thohir.
1.2. LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
Setamat SMA, Erick melanjutkan study nya ke Glendale University untuk meraih sarjana. Setelah itu ia melanjutkan ke Universitas Nasional California guna menyabet gelar masternya. Ia termasuk salah satu pemuda yang berprestasi ketika masih remaja, Erick adalah seorang lulusan program Master untuk Administrasi Bisnis di salah satu Universitas di California. Selain itu, Erick juga merupakan seorang sarjana Bachelor of Arts lulusan Glendale University.
1.3. PERJALANAN KARIER
Erick thohir mempunyai beberapa usahanya di beberapa bidang seperti media, olahraga, restoran, dan penulis
a.       Media
Sekembalinya ke Indonesia, bersama Wisnu Wardhana dan R. Harry Zulnardy, ia mendirikan Mahaka Group. Perusahaan ini membeli Republika pada tahun 2001 saat berada di ambang kebangkrutan. Karena belum berpengalaman di bisnis media, ia mendapat bimbingan dari ayahnya serta Jakob Oetama dari Kompas dan Dahlan Iskan dari Jawa Pos. Erick menjadi Presiden Direktur PT Mahaka Media hingga 30 Juni 2008, ia kemudian menjabat sebagai komisioner sejak Juni 2010 hingga kini. Mahaka Group kemudian membeli pula Harian Indonesia dan diterbitkan ulang dengan nama Sin Chew-Harian Indonesia dengan konten editorial dan pengelolaan dari Sin Chew Media Corporation Berhad yang berbasis di Kuala LumpurMalaysia.  Media ini kemudian dikelola secara independen oleh PT Emas Dua Ribu, mitra perusahaan Mahaka Media. Erick juga menjabat sebagai Ketua Komite Konten dan Industri Aplikasi untuk Kamar Dagang Industri (KADIN). Hingga 2009, Grup Mahaka telah berkembang dan menguasai majalah a+Parents Indonesia, dan Golf Digest; Sementara untuk bisnis media surat kabar: Sin Chew Indonesiadan Republika; Stasiun TV: JakTV, stasiun radio GEN 98.7 FMPrambors FM, Delta FM, dan FeMale Radio. Selain di bidang media Erick juga memiliki usaha di bidang periklanan, jual-beli tiket, serta desain situs web. Ia juga pendiri dari organisasi amal "Darma Bakti Mahaka Foundation" dan "Dompet Dhuafa Republika"[1], serta menjadi Presiden Direktur VIVA grup, dan Beyond Media.
b.      Olahraga
Erick yang gemar bola basket pernah menjabat sebagai Ketua Umum PERBASI periode 2006–2010 dan menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara(SEABA)selama dua kali, yaitu periode 2006–2010 dan 2010–2014. Tahun 2012 Erick dipercaya sebagai Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade London 2012. Juga pada tahun 2012, Thohir dan Levien menjadi pemilik saham mayoritas sebuah klub Major League SoccerD.C. United.  Transaksi ini membuatnya dikenal sebagai orang Asia pertama yang memiliki Tim Basket NBA setelah ia membeli saham dari Philadelphia 76ers.
Pada tahun 2013, Erick menawarkan dana sejumlah 250 hingga 300 juta Euro (2,8-3,2 triliun Rupiah) untuk membeli 80 persen saham dari klub sepak bola Italia Internazionale Milano atau yang lebih dikenal dengan nama Inter Milan setelah berdiskusi dengan pemiliknya, Massimo Moratti. Meskipun ia dan Moratti tidak mengakui bahwa pertemuan mereka berkaitan tentang rencana pembelian saham Inter Milan, namun sejumlah media di Italia mengabarkan bahwa Thohir sudah selangkah lagi mendapatkan 70% saham Inter. Pada hari Selasa, 15 Oktober 2013, bertepatan dengan hari raya Idul Adha 1434H. Inter sudah resmi milik Erick Thohir, meskipun secara efektif Thohir hanya menguasai 70%, Moratti 30%, dan sisanya dibagi ke pemegang saham mayoritas International Sports Capital (ISC). bersama rekannya yaitu Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo. Pada hari Jum'at, 15 November 2013, Thohir resmi menjabat sebagai presiden klub Inter Milan yang baru. menggantikan Moratti, sementara Moratti menjadi Presiden Kehormatan Inter. Ia tidak sendirian mengakuisisi Inter Milan. Tergabung dalam International Sports Capital (ISC), ia membeli Nerazzurri bersama Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo.
Kepemilikan klub olahraga Klub Bola basket: Philadelphia 76ers (NBA)
 Satria Muda dan Indonesia Warriors (kompetisi ABL) Klub sepak bola : D.C. United , Inter Milan, Persib Bandung


c.       Restoran
Ia juga memiliki beberapa restoran,iantaranya: Hanamasa dan Pronto yang merupakan salah satu warisan bisnis dari ayahnya
d.      Penulis
Erick Thohir juga menjadi penulis buku yang berjudul Pers Indonesia di Mata Saya yang diluncurkan tahun 2011 oleh penerbit Republika.

Pengalaman Kerja:
1. Executive Vice President of Business & Development, PT Mahaka Industri Perdana (Calcium Oxide Process & Mining), 1994-sekarang 
2. Executive Vice President of Operations, PT Mahaka Niaga Perdana,
1994-sekarang 
3. President, PT Adi Boga Cipta, Hanamasa Restaurant, 1993-sekarang 
4. Komisaris, PT Wahana Makmur Sejati, Main Dealer & Multi Finance untuk Honda Motor (Area Jakarta dan Tangerang), 1993-1999 
5. President, PT Indopac Usaha Prima, perusahaan multimedia, 1998-sekarang 
6. Direktur Keuangan dan Administrasi, PT Suara Irama Indah, Radio One
Jakarta, 1999-sekarang 
7. President, PT Radio Suara 985, Radio One Bandung, 2000-sekarang 

1.4. KIAT WIRAUSAHA
Pada tahun 2001, kelompok Mahaka membeli koran Republika , yang lagi menghadapi kebangkrutan. oleh  Karena latar belakang Erick Thohir dalam komunikasi, maka ia dipilih untuk memimpin media surat kabar tersebut, berpengalaman dengan dunia surat kabar, Thohir mendapat dukungan dari ayahnya, serta pendiri Kompas Jakob Oetama dan pendiri Jawa  Pos Dahlan Iskan, Kelompok Mahaka kemudian mengakuisisi surat kabar yang khusus mengulas tentang china, yaitu surat kabar harian Sin Chew Indonesia, yang merupakan asosiasi dari harian surat kabar Sin Chew china.
Sebuah laporan pada tahun 2009 di Jakarta Globe mencatat bahwa kepemilikan perusahaan Thorir mencakup semua lini mulai dari life style ,majalah olahraga, Orang tua Indonesia, dan Golf Digest, koran Harian Sin Chew Indonesia dan Republika , stasiun televisi JakTV , stasiun radio GEN 98,7 FM, Prambors FM , Delta FM , dan Radio Female, tidak hanya dalam media surat kabr tapi merambah media iklan, tiket, hiburan dan situs Web. Ia juga merupakan pendiri dari dua badan amal , yang  berorientasi dalam bidang pendidikan, yaitu  Darma Bakti Mahaka Foundation dan Dompet Dhuafa Republika.yang paling heboh dia juga orang asia pertama yang membeli klub Bola Basket NBA di Amerika bersama Jason Leiven pada tahun 2011, Setelah beberapa bulan perundingan  yang alot beberapa hari setelah Liga Basket  All-Star NBA 2011– dia bersama mantan agen Basket Jason Levien,  Joshua Harris, Thohir menjadi bagian dari konsorsium yang membeli Philadelphia 76ers , sebuah Tim Bola Basket  NBA , diantara para konsorsium juga termasuk aktor Will Smith , istrinya Jada Pinkett Smit.. itulah  makanyaThohir adalah orang Asia pertama yang memiliki Club Bola Basket NBA di Amerika.
Thohir ia juga pernah menjadi presiden dari Asia Tenggara Basketball Association sampai dengan tahun 2006, presiden Indonesia Basketball Association (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia). [Dia juga pemilik tim basket Satria Muda Britama Jakarta dan Indonesia Warriors.Yang paling membanggakan lagi Pada tahun 2012 ini, Thohir dan Levien menjadi pemilik saham mayoritas atas Major League Soccer klub (MLS Liga) DC United .dan dia juga menjadi orang pertama asia yang membeli sebuah club di Amerika. Menurut kabar terbaru dia juga siap membangun Stadion untuk DC United, Penantian sepanjang satu dekade akan selesai dalam mendapatkan stadiun baru,  selama ini DC united belum mempunyai Stadiun Sendiri mereka hanya Menyewa RFK Stadium yang telah berusia 51 tahun milik pemerintah kota. Padahal peserta MLS liga sebanyak 19 Tim sudah memiliki Stadiun Sendiri.Erick Thohir dikenal sebagai salah satu dari sekian pengusaha muda yang sukses menggeluti bisnis media dan hiburan. Dia pun terobsesi menjadi salah satu raja media di negeri ini. Selain membidik pasar bisnis media yang segmented danme nyasar komunitas, Erick juga melejitkan klub bola basket Mahaka Satria Muda dan Mahaputri Jakarta. Untuk mengikuti kisah sukses Grup Mahaka, berikut petikan wawancara dengan Erick :
Bisa diceritakan kapan mulai terlibat di bisnis media?
Saya pulang dari Amerika Serikat (AS) pada 1993. Saat itu masih berusia 23 tahun. Sekolah sudah selesai danmeraih gelar bachelor dan master[Erick lulus dari National University, California, AS]. Kenapa pulang? Kebetulanbapak saya yang sudah kerja [dagang] dari usia 10-11 tahun, sudahwaktunya istirahat. Kakak saya [BoyGa ribaldi Thohir], pulang pada 1991 langsung meneruskan bisnis keluarga, sehingga ketika saya pulang ke Indonesia, juga langsung membantu.Kami punya grup [bisnis keluarga] namanya Tri Nugraha Thohir. Bergerakdi empat bidang yakni pertambangan batu bara, properti, restoran (makanan) yakni Hanamasa dan Pronto, serta otomotif (sepeda motor).
Bapak saya, awalnya memiliki belasan perusahaan lalu dijual dan fokus mengelola empat bidang tersebut.Saya disuruh membantu menanganibisnis makanan (restoran), mulai 1993-1998. Saat itu kami barumemiliki Hanamasa.Saat baru masuk, gerai Hanamasa baru 3 outlet dan terakhir saya tinggalkansudah ada 20-anoutlet yang tersebar diberbagai kota.
Pronto, yang kami ambil alih, waktu itu ada empat outlet, kemudian sayatutup tiga dan tersisa satu outlet di Pondok Indah.Dari Pondok Indah kami start ulang lagi dan sekarang ada 3-4 gerai Pronto. Sebelumnya saya tidak memiliki latar belakang pendidikan untuk bisnis makanan. Saya meraih gelar bachelor untuk advertising dan master dibidang marketing. Tidak ada hubungan, tapi mirip-mirip lah. Pada 1998, ketika mau mengembangkan bisnis restoran, krisis terjadidan bunga bank naik. Padahal konsep pengembangan ini sudah jadi. Saya mau meminjam Rp10 miliar-Rp20miliar untuk mengembangkan gerai menjadi 50 outlet, ternyata begitu dapat uang Rp3 miliar, bunganya 80%. Ketika bunga naik menjadi 80% itu berat sekali, tetapi kita bisa bayar sehingga langsung dibayar. Ekspansi tertunda. Memang kebetulan filosofi keluarga saya tidak berutang. Seperti Hanamasa sekarang tidak ada utang dibank sama sekali, nah itu yang menyelamatkan.

Kapan memiliki bisnis sendiri?

Ketika ekspansi bisnis resto tertunda, teman-teman saya semasa sekolah di AS, seperti M. Lutfi, Wisnu Wardhana,dan Harry Zulnardy mengajak untuk berbuat sesuatu. Obrolan ini sudah dimulai pada 1996-1997.Bukannya tidak menurut pada orang tua dan kakak, tetapi sebenarnya saya juga ingin punya bisnis sendiri. Kebetulan keluarga memutuskan Boy menjadi pimpinan dan kalau saya mau membangun usaha sendiri, tidak boleh menjalankan operasional bisnis keluarga, cukup menjadi komisaris saja, supaya jangan ribut. Lalu, bisnis otomotif, makanan dan lainnya dijalankan oleh para profesional dipegang Boy, saya beserta adik saya [Rika] menjadi komisaris. Dari situ, setelah teman-teman mengajak, saya pikir-pikir kenapa tidakmencoba. Di keluarga, saya paling bandel, paling gaul. Awalnya bapak dan kakak saya tidak setuju. Mereka menilai sudah ada bisnis keluarga dan kenapa tidak itu saja yang di jaga? Mereka mengetahui karakter saya, kalau makin ditahan makin rebel. Ya sudah disetujui tetapi tidak boleh yang ada hubungannya dengan bisnis keluarga. Itu yang membuat saya berani meninggalkan bisnis keluarga dan memulai sendiri. Bersama teman-teman kami membentuk perusahaan, awalnya di trading mulai dari semen, pupuk, beras, kapur, pokoknya bahan kebutuhan. Ternyata sukses, karena memang Lutfi tukang lobi yang bagus, saya pedagang yang bagus, Wisnu tukang hitung yang bagus dan Harry treasury yang bagus.Ya semuanya saling melengkapi.dalam perjalanannya, saya diskusi dengan partner-partner saya dan sampaikan, kok trading ini sesuatu yang come and go, saya ingin mencoba ke media, Lutfi menyambut dengan baik, lalu kami mulai membeli perusahaan billboard dan radio, terus Republika (sekitar tahun 2000).Nah, dari situ sudah mulai tidak bisa berjalan bersama, saya ke media, yang lain ke trading. Dalam perjalanannya masing-masing partner punya visi yang berbeda. Wisnu diminta membantu bisnis keluarga (Grup Indika]. Akhirnya waktu itu kami sepakati, kalau pada sibuk, saya yang mengurusi bisnis media. Saat itu kami membentuk perusahaan namanya Mahaka Media dan Mahaka Niaga. Persentase kami 30:30:30 dan 10.

Bagaimana awalnya menemukan nama Mahaka, lalu apa artinya?

Nama Mahaka itu tidak sengaja ditemukan.Saat kami berbincang, saya membuka kamus Jawa Kuno [Sanskrit], di situ tertulis Mahaka, artinya langkah pertama yang baik, yang besar. Seperti mahakarya [karya besar], maha itu sesuatu yang besar. Saya tidak sengaja menemukannya dan teman-teman menilainya cukup bagus.Waktu itu saya mendirikan Mahaka Niaga, sedangkan Mahaka Media belum lahir. Dalam perjalanannya, teman-teman sibuk dan saya fokus menangani bisnis media. Ketika Wisnuke luar 2007, sahamnya saya beli, Harry keluar untuk bisnis lainnya, saya beli sahamnya. Sisanya saya dan Lutfi, komposisi 60: 40, lalu go public. Kisah go public ini juga seru. Sebenarnya tidak mau go public tapi Republika adalah public company meski tidak listed, jadi saya agak aneh. Saya minta tolong bursa efek dan akhirnya go public secara strategik.Dari tidak terdaftar menjadi terdaftar, dari situlah ada pemegang saham publik sampai saat ini, saya pegang 61%, Lutfi ada 20-an%, sisanya publik.Rosan P. Roeslani juga beli melalui Recapital, dari situ kami bertumbuh dibawah bendera Mahaka, mulai dari koran, radio, online, terakhir Alif TV.

Lalu bagaimana dengan posisi Anda di TV One?

TV One itu tidak berada di bawah bendera Mahaka Media, itu VivaNews. Saya berpartner dengan Anindya [Viva Group] di TV One. Dulu diajak dalam rangka membantu secara operasional dan investasi, saya punya saham sedikit di TV One. Saya berusaha profesional menaruh diri pada tempatnya, tidak boleh conflict of interest. Mayoritas saham milik mereka sekitar 90%. Hanya mereka melihat saya bisa membantu secara operasional. Kebetulan saya juga melihat ini tantangan. Saya ini kan problemnya kutu loncat,jadi duduk di satu perusahaan setelah 2-3 tahun kalau sudah jalan saya tinggal, penyakit juga sih. Kenapa saya seperti itu? supaya saya memberi kesempatan kepada profesional untuk menjalankannya. Saya kembali memikirkan aspek strategis. Ini bisa dilihat di struktur Mahaka Media, dirutnya orang lain dan saya komisaris saja.

Apa pertimbangannya memilih terjun ke bisnis media?

Sebenarnya saat itu ada tiga pertimbangan. Pertama, Indonesia pada 1998 menjadi negara terbuka, saya melihat media akan tumbuh karena tidak dikontrol. Kedua, terlepas pada tahun itu masa susah karena krisis, saya yakin ke depan pertumbuhan consumergoods akan tinggi. Media is a consumer goods. Media kan seperti produk, cuma dari angle yang lain, dinikmati dengan mata dan telinga. Ketiga, saya percaya hidup itu mesti give and take, bukan take and give. Saya percaya dengan media juga bisa  berkontribusi sesuatu kepada masyarakat. Makanya juga saya membatasi diri di areal politik, saya tidak ikut parpol.
Kenapa saya masuk ke media? Saya lihat itu peluang seiring era kebebasan dan consumer goods yang akan berkembang, lalu dari segi edukatif, ini memberikan sesuatu, tetapi konsekuensinya saya tidak boleh terjebak pula diputaran itu. Ini prinsip dan pilihan. Walaupun, 2 tahun terakhir ini keluarga saya menerima oke. Jadi waktusaya keluar dari bisnis keluarga untuk mengurusi Mahaka, mereka berkata waduh. Ketika Mahaka jalankan bisnis trading, mereka happy, tapi begitu kita masuk ke bisnis media, keluarga bilang lagi “waduh cari musuh, kalau nulis salah dimusuhin.” Mereka easy going sekali, ketika kita masuk ya mereka agak kurang menerima, bukan mereka tidak setuju dengan kemauan saya, tapi khawatir karena mereka ini kan pedagang.

Berapa lama pergulatan memutuskan pindah ke media?

Sekitar 6 bulanan, dan saya rasa itu pilihan yang tepat, karena ketika beberapa partner kita fokus ke tempat lain, niaganya juga goyang, bagi tugasnya jadi tidak seimbang Ke depan, apakah ada rencana membeli media atau televisi lagi? Saya juga mesti terima kasih dalam pengembangan hidup saya ini banyak partner, seperti di Mahaka ada Lutfiada Rosan, di JAK TV ada Artha Graha (Tommy Winata), di TV One ada Bakrie, jadi banyak partner. Tapi untungnya partner-partner tadi mempercayakan kepada saya, saya dianggap transparan dan profesional, kalau tidak mana mungkin mereka mau bekerja sama dengan saya, saya transparan dan professional, dan yang terpenting ketika menjalankan I act asa professional not as an owner.Kami sekarang menjadi punya dua bendera, Mahaka Media dan Alif. Mahaka Media untuk media dan Alif untuk entertainment company. Alif ini menaungi produk-produk terkait hiburan.Kami mulai pisahkan antara media dengan entertainment. Kalau Beyond Media itu saya, holding company saya. Basicly Beyond Media bergerak sebagai holding. Mahaka Media itu public company, untuk TV One itu my personal.
Bagaimana melihat bisnis media ke depan di Indonesia?

Bisnis 360 derajat integrated services, bercampur antara media, entertainment, multiplatform dan konten is theking. Beberapa hal yang memang bagian yang bisa diefisiensikan kita efisiensikan, distribusinya kita gabungkan karena tidak ada hubungan dengan konten.

Pengalaman yang Anda selalu kenang dalam berbisnis?

Keputusan yang selalu dikenang, ya ketika saya memtuskan memulai usaha sendiri, terus memutuskan juga dari Mahaka Niaga ke Mahaka Media.Sebetulnya orang tidak tahu pada 2006 saya lagi susah-susahnya karena masalah cash flow, kebetulan bisnis lagi tidak jalan, tapi tiba-tiba ada ekspansi,tapi cash flow tidak cukup.Maka saya mesti jual lukisan dan jual mobil. Saya sebenarnya bisa berutang ke bank, tapi saya pikir itu ada lukisan atau mobil, kenapa tidak dipakai, padahal sayang lukisan itu ada karya Affandi. Anak buah saya tahu bahwa saya berani mengorbankan sesuatu yang pribadi untuk kita semua. Loyalitas itu mesti dibentuk dari dua pihak, dari kita sebagai pimpinan dan dari tim. Kalau dari anak buah ke atasan itu normal, tapi pimpinan itu harus memberi contoh.Saya memang kontradiksi, di satu pihak dikatakan ekspansi, tapi loyal. Jadi seperti dua sisi, saya ini Gemini.Di sisi satu sangat eksploratif dan satu sisi lainnya, secure. Saya juga membagi area publik dengan private.

1.5. KESIMPULAN

Setelah kita mempelajari biografi Erick thohir adalah seseorang yang memang sejak awal sudah kaya, akan tetapi dia tetap berusaha untuk mendirikan perusahaannya. Dia lebih suka menekuni di bidang olahraga dan media. peluang seiring era kebebasan dan consumer goods yang akan berkembang, lalu dari segi edukatif, ini memberikan sesuatu, tetapi konsekuensinya  tidak boleh terjebak pula diputaran itu. Ini prinsip dan pilihan. Walaupun, 2 tahun terakhir ini keluarga menerima oke. Jadi dia keluar dari bisnis keluarga untuk mengurusi Mahaka. Untuk kecocokan pendidikan dia masih sesuai dengan studinya yaitu bidang manajemen. Dan saat ini dia direktur dari beberapa perusahaannya.














BIOGRAFI ARIFIN PANIGORO (MEDCO)



Description: F:\kuliah\semester 4\kwu\BIOGRAFI\ARIFIN PANIGORO.jpg
Nama   :Arifin Panigoro
Lahir    :Bandung, 14 Maret 1945
Agama:Islam
Isteri    :Raisis A Panigoro
Anak   :Maera Hanafiah
 Yaser Mairi



2.1. LATAR BELAKANG KELUARGA ARIFIN PANIGORO

Pernah dengar nama salah satu Putra Indonesia Bapak Arifin Panigoro? Beliau adalah salah satu pemain diindustri minyak dan gas. Arifin Panigoro adalah seorang pengusaha Indonesia yang dikenal sebagai salah seorang pendiri dan pemilik Medco Group yang menetap di Jakarta.  Arifin Panigoro lahir pada tahun 1945, tepat ketika pendudukan Jepang dan masa kacau sesaat setelah Indonesia merdeka. Ayahnya, Jusuf Panigoro, adalah pemilik sebuah toko di jalan Braga, Bandung. Sejak masih kecil, Arifin sudah menjadi kasir dan bendahara di toko ayahnya. Membantu mengelola toko di masa sulit membuat jiwa wirausaha beliau tumbuh, sekaligus menanamkan intuisi dan nyali bisnis secara alami. Tidak ingin jauh dari keluarga, beliau memilih berkuliah di Teknik Elektro ITB.

2.2. LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Kisahnya cara kaya ala Arifin Panigoro bermulai setelah Beliau lulus dari jurusan teknik elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1973. Sebelumnya lulusan Jurusan Elektro, Institut Teknologi Bandung dan Senior Executive Programme Institute of Business Administration, Fountainebleau, Perancis yang dikoordinir oleh Kadin, 1979
2.3. PERJALANAN KARIER
Organisasi
·         Yayasan Padamu Negeri (Ketua Umum) 1991-sekarang,
·         Ikatan Alumni Elektro ITB (Ketua I ) 1989-sekarang,
·         Persatuan Insinyur Indonesia (Ketua Umum) 1994
·         Penggagas Liga Primer Indonesia (LPI)
·         Pernah membuat Medco Cup
Karier
·         Karier Kerja Pendiri dan Pemilik Medco Group (0)
·         Karier Kerja PT Meta Epsi Duta Corporation (Komisaris Utama) (1989)
·         Karier Kerja PT Inti Persada Multi Graha (Presiden Direktur) (1994)
·         Karier Kerja PT Meta energi Petrasanga (Komisaris) (1994)
·         Karier Kerja PT Energi Patranagari (Komisaris) (1994)
·         Karier Kerja PT Apexindo Pratama Duta (Komisaris) (1987)
·         Karier Kerja PT Citra Panji Manunggal (Komisaris Utama) (1987)
·         Karier Kerja PT Meta Epsi Engineering (Komisaris Utama) (1983)
·         Karier Kerja PT Meta Epsi Antareja Drilling Co.(Komisaris Utama) (1983)
·         Karier Kerja PT Bina Karya Pariwisindo (Komisaris) (1981)
·         Karier Kerja PT Meta Epsi Sarana Graha (Presiden Komisaris) (1994)
·         Karier Kerja PT Meta Epsi Agro (Komisaris) (1994)
·         Karier Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (1999)
·         Karier Politik Ketua DPP dan Ketua Fraksi PDIP (2002)
·         Karier Politik Pendiri Partai Demokrasi Pembaruan (2005)
2.4.KIAT WIRAUSAHA
Jangan bayangkan Arifin Panigoro bisa mendadak menjadi bos di perusahaan sebesar Medco. Alumni ITB ini memulainya sangat kecil, hanya menjadi kontraktor instalasi listrik rumahan, sampai akhirnya menerima pekerjaan memasang pipa di tahun 80an. Titik balik beliau dan Medco terjadi pada tahun 1981. Proyek pemasangan pipa besar saat itu biasanya hanya akan dimenangkan oleh perusahaan asing. Arifin Panigoro berhasil meyakinkan salah satu perusahaan asing untuk bekerjasama dengan Medco dengan sistem bagi hasil. Puncaknya, pada proyek kilang Cilacap, Medco dikenalkan pemerintah dengan perusahaan dari Amerika. Medco belajar habis-habisan mengenai cara pemasangan pipa dari orang Amerika, sehingga mereka bisa mengerjakannya sendiri di masa depan.
Pada tahun 80an juga, Dirjen Migas waktu itu Pak Wiharso tersinggung dengan tanggapan salah satu perusahaan asing, sehingga untuk pertama kalinya Medco sebagai perusahaan Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk melakukan pengeboran minyak tanpa pendampingan dari perusahaan asing. Arifin Panigoro yang “senang namun kelabakan” langsung berangkat ke Amerika untuk mencari alat-alat yang tepat. Penjual alat yang diperlukan di Amerika menolak uang muka 300 Ribu Dollar dan langsung meminta tunai 4 Juta Dollar.
Meskipun saat itu sedang sakit, Arifin Panigoro yang baru pulang dari Amerika langsung pergi menemui Gubernur Bank Indonesia Rachmat Saleh dan lalu ke Pertamina. Akhirnya, pihak Pertamina mau memberikan rekomendasi sehingga Arifin Panigoro bisa mendapatkan pinjaman untuk membeli alat di Amerika. Namun, sampai sekarang, Arifin Panigoro terus mengingatkan bagi pengusaha yang dibantu oleh pemerintah tidak boleh manja, harus bisa terus memegang kepercayaan.
Dengan usaha yang semakin maju, tahun 1990 Medco berhasil mempunyai ladang minyak pertamanya di Tarakan dengan harga 13 Juta Dollar. Tarakan menyumbangkan 4 ribu barrel per hari hingga Medco mendapatkan keuntungan yang besar. Puncaknya, pada tahun 1995 Arifin Panigoro dan Medco berhasil memenangkan tender untuk membeli PT Stanvac Indonesia dari ExxonMobil. Stanvac Indonesia yang merupakan perusahaan minyak tertua di Indonesia tetap menjadi salah satu sumber minyak terbesar bagi Medco sampai saat ini, dengan 80 ribu barrel minyak per harinya.
Berikut ini adalah profil perusahaan Medco:
Medco lahir pada bulan Juni 1980 oleh Bapak Arifin Panigoro. Eksplorasi dan produksi pertama kali dijalankan oleh Medco Energi ketika Medco mengakusisi kontrak eksplorasi dan produks Tesoro di Kalimantan Timur di tahun 1992 dan kepemilikan 100% bisnis PT Stanvac Indonesia di tahun 1995.Medco sukses dalam proses menjadi perusahaan public (penawaran saham perdana) di tahun 1994. Medco dikenal dengan simbol MEDC. Kesuksesan IPO ini digunakan Medco Energi untuk mengembangkan bisnisnya ke industry kimia yang digunakan untuk memberikan nilai lebih dari gas.Saat ini Meco Energi telah menjadi salah satu raksasa bisnis di bidang energy yang terintegrasi, mulai dari eksplorasi dan produksi minyak dan gas, jasa pengeboran (drilling services), produksi methanol, LPG dan pembangkit daya (power generation).
2.5. KESIMPULAN
 Salah satu filosofi terbaik yang bisa kita pelajari dari Arifin Panigoro adalah cara pandang beliau terhadap kekayaan. Menurut beliau, kaya itu relatif. Arifin Panigoro tidak pernah menghitung apakah dirinya kaya atau tidak. Beliau merasa sangat kaya apabila sedang berada di sebuah konser music yang disukainya. Atau, sekedar mendengarkan alunan gamelan jawa setiap sebelum tidur, beliau sudah merasa sangat kaya.
Banyak hal yang dapat dipelajari dari cara kaya ala Arifin Panigoro, salah satunya adalah berani terjun sebagai wirausaha yang ulet, tekun dan tentunya smart. Berani mengambil keputusan-keputusan berat, apapun risikonya. Beliau mampu bertanggung jawab atas keputusan tersebut.








BIOGRAFI SOICHIRO HONDA (PENDIRI HONDA)
Description: F:\kuliah\semester 4\kwu\BIOGRAFI\SOICHIRO HONDA.jpg
"The Power of Dream" adalah salah satu motto pertama ketika perusahaan Honda Motor di luncurkan. Perjalanan kesuksesan Honda dalam menghiasi pasaran otomotif dunia tidak di raih dengan cara yang mudah. Banyak sekali hambatan dan kegagalan-kegagalan yang menjadi rintangan dalam usahanya mendirikan perusahaan tersebut. Namun karena tekad dan kekuatan sebuah mimpi, Honda membuktikan bahwa setiap orang yang pantang menyerah akan berhasil. Mari kita lihat seberapa hebat perjalanan suksesnya.

3.1. LATAR BELAKANG KELUARGA

Soichiro Honda terlahir sebagai putra pertama dari pasangan Gihei Honda & Mika Honda pada 17 November 1906 di desa kecil bernama Komyo (Sekarang Tenryu) , Hamamatsu, Prefektur Shizuoka, Jepang.Ayahnya adalah seorang pandai besi yang juga memiliki bengkel reparasi sepeda, Sementara ibunya sebagai penenun. Keluarga ini sesungguhnya adalah keluarga yang sangat sederhana (bahkan bisa dibilang pas-pasan) , Tak ada yang mewah dan spesial disana.Honda Kecil menghabiskan waktunya untuk membantu ayahnya di bengkel sepeda dan juga mengerjakan hal lain seperti membelah kayu dan menempa besi. Bakat Honda Kecil sudah terlihat saat umurnya masih sangat muda. Saat masih anak-anak, Ia sering merengek pada sang Kakek untuk diajak bersamanya ke tempat penggilingan padi. Namun bukan untuk membantu kakeknya, Justru Honda Kecil tertarik pada cara kerja/mekanisme Mesin Penggilingan Padi tersebut bekerja. Bahkan Honda Kecil juga sering mengejar Mobil yang sedang lewat & Mengayuh sepedanya sejauh 16 Km ke Lapangan Pesawat Terbang, Semua itu hanya demi Memuaskan rasa keingintahuannya di bidang Mesin .. Melihat keputusan tersebut, Gihei Honda (Ayah Honda) mungkin telah menyadari bakat anaknya dan mulai mencarikannya pekerjaan di Kota Tokyo Akhirnya, Honda mendapatkan pekerjaan di sebuah bengkel bernama Art Shokai  . Disinilah kehidupan Honda di bidang Otomotif/Mekanik dimulai.

3.2. LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Dia selalu mendapatkan nilai hasil ulangan yang tidak bagus. Prestasi di sekolahnya pun tak bisa dibanggakan, Apalagi Pendidikan Formal Tinggi yang belum pernah Ia cicipi. Di sekolah, Soichiro Honda bukanlah termasuk anak yang pandai. Kemudian pada saat Soichiro Honda berumur 16 tahun, dia memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya lagi karena dia menganggap sekolah saat itu hanya membuang buang waktu, dia hanya ingin mendalami tentang mesin mobil.
Semua berawal dari Soichiro yang berumur 16 tahun, dan tak mau melanjutkan sekolah. Karena ia menganggap sekolah saat itu hanya membuang waktu. Ia hanya ingin mendalami tentang mesin mobil. Akhirnya, ayahnya yang mengerti betul tentang ambisinya mengenalkan kepada seorang teman di Tokyo bernama Kashiwabara, seorang direktur bengkel mobil bernama Art
Honda pernah untuk kuliah. Setiap pulang dari kuliah, Honda segera ke bengkel untuk mempraktekan pengetahuan yang baru diperolehnya. Di kampus Honda adalah salah satu siswa yang sering menentang gurunya. Honda adalah salah satu siswa yang sering mengkritik dosennya karena dianggap terlalu bertele-tele dan menitikberatkan teori daipada praktek karena Honda lebih suka praktek daripada teori. Ia siswa yang sulit di atur dan sering tidak masuk. Setelah dua tahun menjadi mahasiswa, ia akhirnya dikeluarkan karena jarang mengikuti kuliah.

3.3. PERJALANAN KARIER

Pekerjaan Pertama Shoichiro Honda :Sayangnya, Bukan pekerjaan sebagai mekanik yang didapat, Honda Muda justru mendapat pekerjaan sebagai Cleaning Service sekaligus merangkap sebagai Pengasuh Bayi anak dari sang empunya bengkel.
Disini kita bisa melihat awal kegigihan Honda ! Meskipun dia hanya bekerja sebagai pengasuh bayi, Honda Muda selalu memanfaatkan waktu saat bengkel tutup untuk sekedar melihat & menganalisa cara kerja suatu mesin mobil yang sedang direparasi.
Bahkan Honda Muda juga sampai mengumpulkan uang gajiannya untuk meminjam buku tentang otomotif di perpustakaan, Hanya untuk memperdalam ilmu yang telah Ia pelajari sendiri dari bengkel.
Hari yang ditunggu Honda Muda untuk unjuk gigi pun akhirnya datang ! Suatu hari saat Honda sedang mengepel lantai, Ia diminta oleh sang pemilik bengkel Art Shokai untuk membantu pekerjaan bengkel, Lantaran kondisi saat itu sedang super sibuk.
Semuanya terpana saat Honda dengan mudahnya memperbaiki mesin mobil Ford Model T tahun 1908 yang kala itu sedang nge-hits. Tak hanya teman teknisi nya, Bahkan sampai sang empunya bengkel pun Takjub melihat kemampuan Honda mereparasi mesin. Hebatnya, Hal tersebut dilakukan hanya dengan bermodal ilmu yang didapatkan dari buku pinjaman perpustakaan & mencuri-curi waktu melihat mesin Mobil saat bengkel tutup !!Ford Model T tahun 1908, Mobil Pertama yang direparasi Soichiro Honda
Berkat kejadian tadi, Akhirnya Honda Muda dipercaya untuk menjadi teknisi di bengkel Art Shokai. Ilmunya tentang dunia permesinan langsung berkembang pesat saat menjadi teknisiTak Heran, Hal yang menakjubkan pun kembali terlihat saat Honda mampu memperbaiki mesin mobil yang terlihat sudah tak mungkin untuk direparasi lagi. Pemilik bengkel Art Shokai dibuatnya sampai terkagum-kagum melihat cara kerja & pemikiran yang layaknya engineering profesional, Padahal hanya dengan bermodal Pendidikan formal dasar dan Tanpa Pendidikan Formal Tinggi .
“Di bengkel Art Shokai . Pria tua itu belajar sangat banyak dengan bekerja langsung dengan mesin sungguhan”Kiyoshi Kawashima, Pimpinan Honda 1973 – 1983, Pengganti Soichiro Honda .Atas dasar kegigihan & kepintaran Honda, Enam tahun kemudian atau saat Honda baru genap berusia 22 tahun . Honda Muda Dipercaya untuk membuka bengkel cabang Art Shokai di Kota Hamamatsu, Mantepnya lagi Soichiro Honda pun ditunjuk langsung sebagai kepala bengkelnya . Dari sinilah perjalanan Honda di Industri Otomotif Dimulai.
Description: F:\kuliah\semester 4\kwu\BIOGRAFI\New folder\Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar  HONDA    Kaskus - The Largest Indonesian Community_files\art-shokai.jpg

3.4. KIAT WIRAUSAHA

Mewujudkan Mimpi :Singkat Cerita
Setelah Honda dipercaya menjadi kepala Bengkel Art Shokai di Kota Hamamatsu, Dalam 3 Tahun bengkelnya menjelma jadi bengkel besar dan cukup diperhitungkan di Hamamatsu kala itu. Dari semula hanya mempunyai 1 orang karyawan, Dalam kurun waktu 3 tahun tersebut Bengkel yang Dipimpin Honda kini mempunyai 50 Orang karyawan .
Sebagai Kepala Bengkel Art Shokai, Honda terkenal sebagai orang yang galak dan tak segan main tangan pada anak buahnya. Honda sampai menggunakan kunci pas untuk memukul anak buahnya yang bodoh dan lalai menjalankan tugas meski sudah dijelaskan berulang-ulang . Sampai-sampai ada juga yang melarikan diri, Namun tak sedikit juga yang mampu belajar & bertahan dan akhirnya menjadi mekanik sangat handal. 
Pada tahun 1933, Honda Berhasil mewujudkan mimpi untuk membuat mobil balap pertamanya. Namun, Bukannya mendevelop mesin dari pabrikan terkenal, Soichiro Honda justru mengambil mesin milik pesawat terbang kala itu,Curtis A1.
Yang akhirnya juga diberikan pada mobil balap miliknya yang kita kenal saat ini dengan Honda Curtis.  Di luar prediksi, Ternyata Honda mampu menjuarai sebuah kejuaraan di Jepang, Meskipun saat
itu ia hanya sebagai navigator. Menikah
Di tahun 1933, Honda juga menikah dengan Sachi, Seorang wanita dari kalangan berpendidikan. Yang akhirnya menjadi pembimbing Soichiro Honda untuk belajar segala macam hal tentang kehidupan dan mampu membawa Honda menjadi orang yang lebih baik. Soichiro Honda & Sachi Honda 1 Tahun setelahnya atau di Tahun 1934, Honda mulai menapaki jejaknya di Dunia Industri Otomotif, Ia sangat ingin membuat mesin mobilnya sendiri. Oleh karena itu, Ia mulai mempelajari salah satu part mesin yang kala itu Sangat Sulit & Mahal untuk didapat, Ring Piston. Saking seriusnya belajar membuat Ring Piston, Honda sampai-sampai membuat workshop nya sendiri yang berada bersebelahan dengan bengkel Art Shokai dan diberi Nama Pusat Penelitian Ring Piston ART.  Namun, Karena pendidikan formalnya tak menunjang keinginan Soichiro untuk membuat Ring Piston, Hasilnya pun tak semulus yang diharapkan alias Gagal Total lantaran Piston Ring buatannya selalu patah atau menggores dinding blok silinder. Bahkan saat itu desain Ring Piston yang dibuat oleh Honda sempat ditolak oleh Toyota, Yang hingga saat ini tercatat sebagai salah satu sejarah unik di dunia Otomotif Jepang .
Pantang Menyerah dan mendirikan pabrik : Namun Honda tak pantang Menyerah, Meski saat itu Ia sudah berusia 28 Tahun, Tapi Ia memutuskan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Hamamatsu hanya demi memuaskan hasratnya untuk membuat Ring Piston Mobil Buatannya sendiri. 
Hal ini Soichiro Lakukan setelah mempelajari bahwa dibutuhkan material logam lain untuk membuat Ring Piston yang sempurna. Dan dari Perguruan tinggi Hamamatsu inilah Honda belajar tentang seluk beluk metalurgi mesin termasuk pencampuran Silikon dalam pembuatan Ring Piston, Yang nantinya akan berpengaruh terhadap Superioritas nya Honda di bagian Metalurgi dan Dunia Mesin. Oval Piston Mahakarya Soichiro Honda KelakAkhirnya pada tahun 1937, Honda berhasil membuat Ring Piston yang Sempurna untuk pertama kalinya. Dan pada tahun 1938, Honda berhasil mendirikan Pabrik Ring Piston pertamanya yang diberi nama Tokai Seiki, Sedangkan bengkel Art Shokai yang sebelumnya Ia pimpin diserahkan pada anak buahnya yang Loyal & Berdedikasi tinggi.  Pabrik ini terus berkembang hingga akhirnya Soichiro Honda mampu menyuplai Ring Piston ke Pabrikan Mobil Toyota & Nakajima Aircraft yang saat itu memproduksi Mesin pesawat terbang untuk kebutuhan Perang Dunia II. Kegagalan...dan Kegagalan
Namun nasib sial di alami Soichiro Honda. Pada tahun 1945 atau saat Jepang Kalah oleh Pasukan Sekutu, Pabrik Ring Pistonnya Luluh lantak akibat penyerangan pasukan Sekutu. Tapi, Bukan Honda namanya bila berdiam diri saja, Honda memerintahkan Karyawannya untuk mengumpulkan Sisa kaleng bensol bekas yang menjadi bahan bakar utama Pesawat saat itu. Berkat Kegigihannya Honda berhasil kembali membangun Pabriknya meski tak sebesar Pabriknya dahulu. Naasnya, Setelah pabrik kembali Dibangun dan beroperasi, Saat itu Jepang dilanda gempa bumi Dahsyat hingga meratakan Pabrik Ring Piston milik Soichiro Honda.Sejak saat itu, Soichiro menjadi sering termenung dan bahkan tak mempunyai Niat untuk membangun pabrik lagi lantaran Kondisinya kini tak mempunyai apapun, Hanya istri yang setia menemaninya. Kondisi ini membuat Honda akhirnya menjual Pabrik pertamanya ke Toyota pada tahun 1947.
Saat Honda termenung dan hanya mampu menyaksikan puing-puing besi yang berserakan tepat d bawah kakinya, Honda terdiam sambil memikirkan bagaimana caranya bisa menghasilkan uang untuk menghidupi keluarganya, Terlebih saat itu Jepang dalam keadaan sulit akibat Krisis BBM. Berbalik dari cerita sebelumnya, Soichiro Honda justru kini sedang dalam keadaan Kemiskinan. 
Honda pun hanya bisa wara-wiri dengan sepedanya, Namun sebuah ide sangat brillian kala itu hadir dari kepala Honda. Ya dibawah kemiskinan & kegagalannya silam, Ia memikirkan untuk membuat sepeda dengan ditambah motor sehingga penggunanya tak perlu repot menggoes dan tak harus seboros saat menggunakan mobil.
Dan ternyata, Dari kegagalan inilah awal cerita tentang Dunia Sepeda Motor Honda yang saat ini dipakai oleh Brosist penunggang Honda sekalian Dimulai.

Sepeda Motor Pertama Honda
Singkat Cerita, Setelah Honda mengalami kegagalan hebat bersama pabrik Tokai Seiki nya, Kini Honda justru berbalik menjadi seseorang yang berada dalam jerat kemiskinan. Saat Ia harus bisa menafkahi keluarganya, dan hanya bisa wara-wiri dengan sepedanya, Sebuah ide yang revolusioner pun muncul. Awalnya, Ia hanya berfikir bagaimana bila menggabungkan mesin bekas sisa peperangan ke sepeda yang ditungganginya agar tak perlu repot-repot menggoes.  Namun tanpa disadari, Ternyata banyak orang lain yang berminat untuk mencobanya dan mengaku ingin membelinya(Meskipun saat itu harus digoes seperti sepeda biasa dan mesin baru bisa nyala setelah 30 (menit)
Description: F:\kuliah\semester 4\kwu\BIOGRAFI\New folder\Kisah Shoichiro Honda & Nama Besar  HONDA    Kaskus - The Largest Indonesian Community_files\honda-a-type.jpg
Motor pertama buatan Soichiro Honda terkenal dengan Nama A-Type dan selanjutnya Dikenal dengan nama Chimney, Dibuat pada November 1947. Kalau dilihat-lihat sih bentuknya lebih mirip sepeda dibanding motor Output power nya sanggup mencapai 0,5 HP(Horse Power). Motor ini mendulang sukses yang terbilang cukup besar, Karena memang saat itu Honda belum mempunyai Pabrik.
Kelahiran Honda Motor Company Setelah A-Type sukses, Soichiro Honda pun mulai memikirkan untuk membuat pabrik kembali dan menghapus ingatan kegagalan pahit di Tokai Seiki. Namun karena manajemen keuangan yang sangat buruk, Honda justru malah hampir bangkrut dibalik kesuksesan produk A-Type nya (Honda memang jenius di bidang Mesin & Pemahaman Konsumen, Tapi tidak saat berbicara masalah finansial). Namun semuanya menjadi cerah saat Honda bertemu seorang ahli keuangan & marketing Takeo Fujisawa, Yang nantinya akan menjadi salah satu pembesar di Pemasaran Produk Honda baik di Pasar Domestik Jepang ataupun Pasar Global. Akhirnya pada 24 September 1948, Soichiro Honda mendirikan pabrik motor pertamanya yang diberi nama Honda Motor Company yang merupakan cikal bakal Motor Honda yang dipakai Brosist sekalian, Dengan dibantu oleh Takeo Fujisawa, dan kembali merilis motor baru dengan label B-Type dan selanjutnya C-Type. Motor ini sejatinya merupakan pengembangan dari A-Type dengan mesin baru 90cc.
Honda Motor Company, Tahun 1948 (View Udara) Setelah sukses dengan produk A,B & C-Type nya, Soichiro Honda akhirnya memperkenalkan Honda D-Type pada tahun 1949. Berbeda dengan tipe sebelumnya, D-Type ini sudah sepenuhnya berbentuk motor sungguhan, Dengan berbekal mesin 2-Tak 98cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 3PS. Motor ini dulu sangat terkenal seantero Jepang dan sangat Legendaris dengan warna merah maroon nya yang juga sebagai Motor modern pertama buatan pabrikan Honda. Motor ini dikenal luas dengan Nama Honda Dream, Yang turut mewakili Mimpi Soichiro Honda untuk Motor Pertama buatannya sendiri
” Aku tak dapat mengingatnya. Yang jelas dulu aku selalu berucap bahwa Honda akan menjadi Pabrikan besar di Dunia, yang juga adalah mimpi untuk kami semua. Pria tua itu (Soichiro Honda) pasti sangat senang dengan motor barunya (D-Type). Setelah semuanya yang telah Ia lakukan, Itulah Motor Sungguhan pertama buatannya sendiri”
-Kiyoshi Kawashima- Selaku Presiden Honda 1973-1983, Sekaligus orang yang ikut serta di dalam development Honda D-Type.
Honda D-Type Menaklukan Pasar Motor Amerika
Ternyata Honda Dream (D-Type) pun memiliki kekurangan di mata Konsumen, Yakni asap yang mengebul dan Suara yang berisik lantaran masih mengusung mesin 2-Tak.
Tak ingin mengecewakan Konsumen, Honda pun merefresh Honda Dream dan kembali mengeluarkan motor baru yang lebih canggih yakni Honda E-Type. Motor ini adalah salah satu motor paling keren dan “wah” di jepang kala itu, Mesinnya sudah mengusung 4-Tak, OHV 149 cc, dan mampu berlari maksimal 80 Km/h. Produksi motor ini mampu mencapai 130 unit per hari dan mengantarkan Honda ke dalam kesuksesan besar kala itu.
Meskipun berada dalam kesuksesan besar, Inovasi Honda tidaklah terhenti, Justru malah Inovasi Honda makin menggila dengan berbagai Produk barunya yang sangat fenomenal dan memanjakan Konsumen layaknya Honda F-Type, Honda Benly, Honda C-70 Twin, Hingga Motor Tersukses sepanjang sejarah yaitu Honda Super Cub.
Honda juga akhirnya Sukses menembus Pasar Amerika pada tahun 1959 .
Hanya butuh beberapa tahun, Sebelum akhirnya Strategi Duet Honda-Fukusawa mampu menaklukan pasar Roda dua Amerika yang kala itu dikuasai Pabrikan Besar Harley-Davidson.

Impian Selanjutnya
Keberhasilan itu seakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi Soichiro Honda.  Namun dibalik itu semua, Masih ada mimpi yang belum berhasil diwujudkan olehnya.  Apakah itu??
Yap, Jawabannya adalah Dunia Balap Internasional yang sama sekali belum tersentuh Oleh Honda. Akhirnya pada tahun 1959, Honda mengikuti kejuaraan 
Isle Of Man TT (IOM TT)  (kask.us) 125cc yang saat itu merupakan salah satu seri dari kejuaraan WorldGP (MotoGP) bersama Motor Andalannya Honda RC141 & RC142. Ini sekaligus menasbihkan bahwa Honda adalah Pabrikan Jepang pertama yang ikut serta dalam Kejuaraan Balap Roda 2 Paling Bergengsi di Dunia, WorldGP. Meski hasilnya tak terlalu baik, Tapi Honda mampu menyabet gelar Manufacturers Team Award kala itu.

Pada tahun 1960, Honda mendeklarasikan ikut Kejuaraan WorldGP sepenuhnya di kelas 125 & 250 cc.  Tahun 1960 adalah tahun pembelajaran bagi Soichiro Honda, Karena saat itu Ia gagal total merebut Juara Dunia yang saat itu dikuasai MV Agusta. Namun, Honda tak pantang Menyerah, Ia kembali turun di ajang WorldGP 1961 dengan Motor Barunya RC143 & RC162 yang bermesin 4-Tak, Menantang Pabrikan lain yang unggul dengen mesin 2-Taknya.  Berkat Inovasi Gila yang dilakukan oleh Soichiro Honda, Akhirnya Ia berhasil merebut Dua gelar Juara Dunia sekaligus pada tahun 1961 di kelas 125 & 250 cc.  Sebuah kebanggan besar bagi Soichiro Honda, Sekaligus Mimpi berikutnya yang menjadi kenyataan berkat kerja kerasnya selama ini.
Tahun Berikutnya (1962) Honda mengikuti 3 Kelas sekaligus yaitu 125, 250 & 350 cc.Ajaibnya Honda kembali mendulang Juara Dunia di semua kelas yang Ia ikuti di tahun 1962.  Namun itu tak berlangsung lama, Pada tahun 1963 Honda mendapatkan perlawanan Super berat dari Pabrikan Eropa & Pabrikan Jepang lain yang mengikuti Jejaknya di WorldGP layaknya MZ, MV Agusta, Suzuki & Yamaha yang banyak mengandalkan mesin 2-Tak.  Otomatis Honda harus membuat motor 4-Tak yang “super gila” untuk bisa mengalahkan kedigdayaan mesin 2-Tak pada kubikasi mesin yang sama. Hingga pada tahun 1966 Soichiro Honda menciptakan Honda RC166  (kask.us) & Honda RC149 yang hingga kini selalu dikenang sebagai Mahakarya Fantastis yang mampu mengalahkan eranya sendiri dan berhasil menyabet Juara Dunia kelas 125 & 250cc.

Honda RC-Series
Akhirnya Honda Resmi mengundurkan diri di kejuaraan WorldGP pada tahun 1968  arena regulasi yang membatasi penggunaan jumlah silinder, Yang juga turut mematikan inovasi Honda di ajang WorldGP kala itu.
Pantang Menyerah Dan Terus Berinovasi
Honda kembali ikut serta di Ajang WorldGP pada tahun 1978-1979 bersama Motor barunya yang tak kalah legendaris Honda NR500. Demi menjungkalkan kedigdayaan power 2-Tak, Honda sampai membuat Motor yang memakai Oval Piston V-4 . Sebuah teknologi mesin Inovatif dan Gila “ala Mesin V-8″ yang proses pembuatan & materialnya masih menjadi misteri kala itu.  Sayangnya, NR500 gagal mendulang hasil yang positif akibat terlalu kompleks dan sangat rumit bahkan hingga di era Modern ini. Akhirnya Honda mengalah dan mengikuti regulasi dengan menghadirkan Honda NS500,

Motor 2-Tak 500cc bermesin V-3 pada tahun 1982.
            Tak butuh waktu lama bagi Honda untuk merebut gelar Juara Dunia, Pada tahun 1983, Freddie Spencer yang menunggangi NS500 mampu menyabet gelar Juara Dunia.
Berbagai Motor Fantastis dan Juara Dunia Baru Lainnya pun Hadir setelah Era Honda NS500 pun banyak layaknya Honda NSR500,

Honda RC211V
hingga yang saat ini dipakai Oleh Juara Dunia Termuda Marc Marquez Bersama Team Factory Honda (Repsol Honda), Honda RC213V.

Berkat keberhasilan di Kancah balap Ini akhirnya Honda mampu dikenal oleh Masyarakat seluruh Penjuru Dunia dan Akhirnya mampu menjadi salah satu Pabrikan Roda 2 Terbesar di Dunia.  Soichiro Honda menyerahkan tampuk pimpinan Honda Motor ke Tangan Kiyoshi Kawashima pada tahun 1973. Sementara itu Soichiro Honda menjabat sebagai Direktur namun tetap memberikan keputusan penting bagi kemajuan Pabrik Honda yang Ia Bangun Sendiri. Selebihnya ia fokus ke berbagai Yayasan Honda yang bertujuan untuk menciptakan engineer sekelas Soichiro Honda berikutnya.

Akhirnya, Pada tanggal 5 Agustus 1991, Soichiro Honda menghadap sang pencipta pada usia 84
Tahun, Setelah dirawat di RS Juntendo, Tokyo, Akibat penyakit Lever yang diderita-nya.
Seperti yang sering dilakukan pada masa kecilnya, Honda kembali mengejar Mobil yang kini adalah ciptaannya sendiri. Namun bedanya, Kini Jalur mobil itu mengarah ke Langit yang sekaligus menandakan akhir dari kehidupan sang Engineer Berbakat yang mampu mewujudkan semua Mimpi yang selama ini dicita-citakannya dengan Kerja Keras, Pantang Menyerah & Selalu Ber-Inovasi dalam Kehidupan sehari-harinya, Meski harus mengalami Berbagai Kegagalan & Kenyataan Pahit semasa Hidupnya.
3.5.KESIMPULAN
HONDA THE POWER OF DREAM Nilai yang dapat diambil:
Perjalanan hidup dari Soichiro Honda, memperlihatkan kepada kita, bahwa siapapun bisa menjadi sukses bahkan yang awalnya miskin dan mempunyai pendidikan rendah, asalkan orang itu mau belajar dan terus mencoba serta pantang menyerah terhadap permasalahan hidup..
Soichiro Honda pernah berkata, “Banyak orang bermimpi untuk sukses. Saya percaya bahwa kesuksesan dapat dicapai hanya ketika kita mengalami kegagalan yang berulang dan introspeksi diri tentunya. Sukses hanyalah 1 persen dari kinerjamu, dan sisanya adalah keberanianmu untuk mengatasi hambatan-hambatannya. Jika kamu tidak takut untuk mengatasi hambatan itu, kesuksesan akan datang kepada dirimu dengan sendirinya.” Inilah kunci kesuksesan dari Soichiro Honda yang bisa kita gunakan untuk menciptakan kisah kesuksesan kita sendiri

1. Selalulah berambisi dan berjiwa muda.
2. Hargailah teori yang sehat, temukan gagasan baru, khususkan waktu memperbaiki produksi.
3. Senangilah pekerjaan Anda dan usahakan buat kondisi kerja Anda senyaman mungkin.
4. Carilah irama kerja yang lancar dan harmonis.
5. Selalu ingat pentingnya penelitian dan kerja sama.


BIOGRAFI  YATARO IWASAKI  (PENDIRI MITSUBISHI)
Description: F:\kuliah\semester 4\kwu\BIOGRAFI\37690-558439.jpg

4.1. LATAR BELAKANG KELUARGA

Yataro Iwasaki (岩崎 弥太郎) Iwasaki Yatarō, lahir 9 Januari 1835 – meninggal 7 Februari 1885 pada umur 50 tahun) adalah pendiri perusahaan otomotif Mitsubishi. Yataro Iwasaki memulai karirnya dengan berkerja berkerja pada klan Tosa yang pada saat itu dikenal dengan klan yang ingin memandirikan anak-anak muda di daerahnya.  Putra dari seorang petani sederhana, Yataro memulai kariernya bekerja pada klan Tosa. Klan diadakan di banyak tempat di Jepang untuk kepentingan bisnis, supaya merangsang anak muda agar berambisi membangun perekonomian yang baik.

4.2. LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Yataro Iwasaki mengenyam pendidikan di Edo (sekarang Tokyo) pada umur sembilan belas tahun. Pada suatu hari ayahnya mendapat luka karena berkelahi, sehingga membuat ia pulang ke rumah. Sempat ia adukan ke pihak penegak hukum tentang luka yang diderita ayahnya namun pihak sana ternyata menolak, dan Yataro-pun menuduh penegak hukum tersebut korupsi. Atas pernyataan Yataro tersebut membuatnya dibui selama tujuh bulan. Setelah dibebaskan Yataro menjadi seorang guru di desanya.
Kemudian Yataro Iwasaki melanjutkan studinya kembali ke Edo. Beliau mulai merintis kembali karirnya. Di Edo Yataro Iwasaki bergabung dan belajar bersama seorang reformis, Yoshida Toyo. Tak lama kemudian, melalui Yoshida, beliau mendapatkan pekerjaan sebagai juru tulis bagi pemerintah Tosa. Lalu dipromosikan ke posisi teratas di marga Tosa kantor perdagangan di Nagasaki, yang bertanggung jawab untuk perdagangan minyak kamper dan kertas untuk membeli kapal, senjata, dan amunisi.



4.3. PERJALANAN KARIER
Yataro memulai karirnya bekerja pada klan Tosa, ia pergi ke Edo (kini Tokyo) ketika berusia sembilan belas tahun bertujuan mencari pendidikan. Cedera serius yang dialami ayahnya dalam suatu perselisihan dengan kepala desa membuat Yataro pulang dari Edo setahun kemudian dan sebentar cuti dari studinya. Hakim setempat menolak memproses kasus dari ayahya dan Yataro menuduh hakim korupsi. Ia dikirim ke penjara selama tujuh bulan. Setelah dibebaskan ia tidak memiliki pekerjaan untuk sementara waktu sebelum menemukan pekerjaan sebagai guru sekolah desa.
Kembali ke Edo, ia disosialisasikan dengan aktivis politik dan belajar di bawah reformis Yoshida Toyo, yang terpengaruh dengan ide-ide tentang membuka dan mengembangkan perekonomian bangsa melalui industri dan perdagangan luar negeri. Tak lama kemudian, melalui Yoshida, ia mendapatkan pekerjaan sebagai juru tulis bagi pemerintah Tosa. Ia kemudian dipromosikan ke posisi teratas di marga Tosa kantor perdagangan di Nagasaki, yang bertanggung jawab untuk perdagangan minyak kamper dan kertas untuk membeli kapal, senjata, dan amunisi.
Setelah Restorasi Meiji tahun 1868 yang memaksa pembubaran dari kepentingan bisnis shogun, Iwasaki pergi ke Osaka dan menyewakan hak untuk perdagangan marga TSUKUMO Tosa Trading Company. Perusahaan berubah nama menjadi Mitsubishi pada tahun 1873.
Description: F:\kuliah\semester 4\kwu\BIOGRAFI\logo mitsubishi.gif

Perusahaan mengadopsi nama Mitsubishi pada Maret 1870, ketika Yataro resmi menjadi presiden. Lambang yang merupakan gabungan dari keluarga Iwasaki Lambang dan daun pohon ek puncak Yamanouchi keluarga, pemimpin klan Tosa yang menguasai bagian Yataro Shikoku di mana dilahirkan.
Mitsubishi kemudian hampir jatuh ketika Insiden Formosan terjadi. Lima puluh empat nelayan Jepang tewas di pulau Formosa (Cina) tetapi pemerintah Cina tidak bertanggung jawab atas hal itu. Perusahaan Yataro awalnya disalahkan, tetapi kemudian keadaan membaik dan bahkan Yataro memenangkan hak untuk mengoperasikan kapal-kapal pemerintah diantaranya kapal transportasi untuk manusia dan material, kemudian perusahaannya mulai berkembang lagi.
Yataro Iwasaki adalah pribadi yang patuh kepada pemerintah Jepang yang baru, serta kepada perusahaan. Mitsubishi menyediakan kapal-kapal yang membawa pasukan Jepang ke Taiwan, dengan persetujuan dia mendapat hak untuk mengoperasikan kapal lebih banyak dan subsidi tahunan yang besar dari pemerintah. Dia setuju untuk membawa surat dan persediaan pemerintah lainnya. Dengan dukungan pemerintah, ia mampu membeli lebih banyak kapal dan meningkatkan jalur pelayaran Mitsubishi. Yang membantu dia mengantar dua Pengiriman asing yang besar melalui rute Shanghai, sehingga menguntungkan Mitsubishi Transportasi Perusahaan yang Yataro didirikan. Kemudian menjadi perusahaan pelayaran yang besar, juga membawa pasukan untuk menumpas pemberontakan di Kyushu. Yataro mengajarkan anak buahnya untuk “melayani para penumpang sebaik mungkin” karena mereka adalah sumber pendapatan. Sikap modern “pelanggan selalu benar” adalah senjata utama perusahaannya.
Mitsubishi terdiversifikasi dengan cepat, pertama memperoleh tambahan dan perluasan kapal penumpang dan kargo, kemudian menyediakan transportasi untuk pasukan Jepang ke Taiwan dan Kyushu. Hal ini menyebabkan lebih banyak dukungan pemerintah, yang menyebabkan pasokan surat kontrak dan hak-hak pengiriman lebih lanjut pada rute Shanghai yang menguntungkan melalui Mitsubishi Transportasi Perusahaan yang Yataro didirikan. Kemudian ia berinvestasi di pertambangan, perbaikan kapal dan keuangan. Pada tahun 1884 ia mengambil sewa dari Nagasaki Shipyard dan menamainya Nagasaki Shipyard & Machinery Works, memungkinkan perusahaan untuk melakukan pembuatan kapal pada skala penuh.
Pada tahun 1885, Yataro kehilangan kendali atas perusahaan pelayaran di belakang perjuangan politik yang diterjang Jepang industri transportasi laut. Perusahaan ini bergabung dengan saingan dan menjadi Nippon YUSEN (NYK Line), yang akan kembali ke jajaran perusahaan Mitsubishi di tahun-tahun berikutnya.
Meskipun kehilangan perusahaan pelayaran, Yataro mendirikan usaha lainnya (dalam perbankan, pertambangan, surat kabar dan asuransi laut) dan yang membentuk dasar bagi organisasi Mitsubishi. Kekayaannya melebihi satu juta yen. Yataro begitu percaya diri dan dengan yakin bahwa ia dapat berpartisipasi dalam banyak bisnis. Mitsubishi Kawase-ten, misalnya, adalah perusahaan financial yang juga terlibat dalam bisnis pergudangan. Itu adalah pendahulu dari perusahaan yang sekarang bernama Mitsubishi Bank dan Mitsubishi Warehouse & Transportation. Yataro juga membeli tambang batu bara dan tambang tembaga setelah menyewa sebuah galangan kapal Nagasaki dari pemerintah. Dia telah berpartisipasi dalam mendirikan perusahaan asuransi yang sekarang benama Tokyo Marine and Fire. Dia bahkan memimpin sekolah yang sekarang menjadi Tokyo University of Mercantile Marine.
Iwasaki Yataro adalah pengusaha yang sangat visioner. Dia sering menjamu makan
malam pejabat pemerintah di perusahaanya. Iwasaki menghabiskan sejumlah besar uang
pada kesempatan ini tapi ia juga mendapatkan banyak keuntungan. Yataro banyak
menolong teman-temannya yang kemudian membantu dia dengan melakukan banyak
kebaikan. Dia sangat bagus dalam hubungan membina hubungan bisnis yang akan
membantunya di masa depan.
Namun Yataro, tidak ditakdirkan untuk memimpin organisasi Mitsubishi dalam pertumbuhan fase baru. Dia meninggal karena kanker saat berusia 50 tahun, dan digantikan kepemimpinan bisnis keluarga pertama oleh saudaranya, dan kemudian putranya.

4.4. KIAT  WIRAUSAHA
Pada tahun 1885 Yataro kehilangan kendali atas perusahaannya. Sehingga mengakibatkan perusahaan Mitsubishi bergabung dengan pihak lawan dan berubah nama menjadi Nippon YUSEN (NYK Line). (Perusahaan NYK di kemudian hari bergabung kembali dengan Mitsubishi)
Namun jiwa bisnis Yataro tidak luntur begitu saja. Beliau menjajaki bisnis lainnya yang masih ia pegang, yaitu dalam perbankan, pertambangan, surat kabar dan asuransi laut. Hingga sekarang berdiri sebuah perusahaan perbankan ternama Mitsubishi Bank dan Mitsubishi Warehouse & Transportation, dan perusahaan asuransi Tokyo Marine and Fire. Bahkan mendirikan sebuah sekolah bernama Tokyo University of Mercantile Marine. Yataro juga membeli tambang batu bara dan tambang tembaga setelah menyewa sebuah galangan kapal Nagasaki dari pemerintah.
Kepiawaian dalam bisnis diimbangi dengan kepiawaiannya dalam membangun relasi baik dengan badna pemerintah maupun kolega-koleganya. Hal inilah yang membuat Yataro dikenal baik dan banyak pendukung.

4.5.KESIMPULAN
Yataro iwasaki adalah sosok yang pemberani (jika dia benar) bahkan dia berani melawan hokum sampai di penjara. Beliau juga sosok kreatif. Dia mampu menciptakan logo Mitsubishi sendiri dengan filosofinya. Dia juga tak mau canggung dalam berkawan atau beraliansi. Dia sangat inspiratif karena dia dari seorang keluarga yang sederhana. Kecocokan pendidikannya tidak begitu sesuai akan tetapi dia sesuai pada bidang pekerjaan pertamanya.


DAFTAR PUSTAKA


http://www.profilpedia.com/2014/11/profil-dan-biografi-erick-thohir.html              
http://www.ceritamu.com/info/pengusaha/Arifin-Panigoro/biografi








0 comments :

Post a Comment