Icon Moon Batman Begins - Diagonal Resize 2

Monday, December 14, 2015



                                                                 MAKALAH
ALAT ANGKAT-ANGKUT

Disusun oleh:
1.      Rozaq Mustofa Lutfi  (5201413042)
2.      Adrian Dwi R             (5201413019)
3.      Andi Winarno             (5201413017)




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN S1
JURUSAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015
KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah, sehingga penulis mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah alat angkat-angkut.. Alat angkat angkut merupakan mata kuliah yang Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang kaitan dengan alat angkat-angkut. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Saya sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jau dari sempurna. Untuk itu,  kepada  dosen  pembimbing  saya  meminta  masukannya  demi  perbaikan  pembuatan  makalah  saya  di  masa  yang  akan  datang dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.
Semarang, 20 September 2015


Penulis



DAFTAR PUSTAKA

COVER
KATA PENGANTAR ..................................................................................          2
DAFTAR ISI ................................................................................................            3
BAB I PEMBAHASAN
1.1  Latar Belakang ....................................................................................           4
1.2  Rumusan Masalah ...............................................................................           4
1.3  Tujuan .................................................................................................           4

BAB II PEMBAHASAN

BAB III PENUTUP
3.1  Kesimpulan ........................................................................................            34
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................          35
















BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Pesawat sederhana adalah segala jenis perangkat yang hanya membutuhkan satu gaya untuk bekerja. Kerja terjadi sewaktu gaya diberikan dan menyebabkan gerakan sepanjang suatu jarak tertentu. Kerja yang timbul adalah hasil gaya dan jarak. Jumlah kerja yang dibutuhkan untuk mencapai sesuatu bersifat konstan, walaupun demikian jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mencapai hal ini dapat dikurangi dengan menerapkan gaya yang lebih sedikit terhadap jarak yang lebih jauh. Dengan kata lain, peningkatan jarak akan mengurangi gaya yang dibutuhkan. Rasio antara keduanya disebut keuntungan mekanik. Maka dalam makalah ini akan dibahas tentang bagaimana cara ktrol bekerja. Dan cara menghitung katrol tersebut.
Katrol adalah suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban.
Takel/Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya Besarnya gaya memang dikurangi, tapi gaya tersebut harus bekerja atas jarak yang lebih jauh. Usaha yang diperlukan untuk mengangkat suatu beban secara kasar sama dengan berat beban dibagi jumlah roda. Semakin banyak roda yang ada, sistem semakin tidak efisien. karena akan timbul lebih banyak gesekan antara tali dan roda. Katrol adalah salah satu dari enam jenis pesawat sederhana.
Untuk mengangkat barang dalam arah tegak dengan kapsitas umumnya sampai 5 ton. Untuk keperluan pemasangan atau pembongkaran suatu peralatan, bangunan atau bengkel-bengkel pada umumnya di pakar takel. Bila di perlukan gerakan mendatar, takel di gabungkan dengan peralatan lainnya. Konstruksi takel harus cukup ringan, karena takel biasanya harus mudah di gantungkan pada suatu tempat. Konstruksinya harus cukup kekar dan ringkas, dan juga di lengkapi dengan alat-alat untuk menggantungkan takel.

1.2  RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumusakan beberapa masalah :
1.Gesekan pada kerek biasa beroda empat
2.Gesekan pada kerek ganda beroda tiga
3.Gesekan pada kerek Spanyol
4. Gesekan pada kerek Weston
1.3  TUJUAN
Berdasarkan Rumusan Masalah mempunyai tujuan :
1.Gesekan pada kerek biasa beroda empat
2.Gesekan pada kerek ganda beroda tiga
3.Gesekan pada kerek Spanyol
4. Gesekan pada kerek Weston




BAB II
PEMBAHASAN
Pesawat sederhana adalah alat mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran dari suatu gaya Secara umum, alat-alat ini bisa disebut sebagai mekanisme paling sederhana yang memanfaatkan keuntungan mekanik untuk menggandakan gaya. Sebuah pesawat sederhana menggunakan satu gaya kerja untuk bekerja melawan satu gaya beban. Dengan mengabaikan gaya gesek yang timbul, maka kerja yang dilakukan oleh beban besarnya akan sama dengan kerja yang dilakukan pada beban.
Contoh: 5 Katrol Bebas dan 1 Katrol Tetap, berarti KMnya 10 kali, sehingga kuasa yang dikeluarkan semakin sedikit. Biasanya, semakin banyak katrol yang digabung, Keuntungan mekanis semakin besar dan kuasa yang dikeluarkan semakin kecil
Katrol adalah suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban. Walaupun demikian, jumlah usaha yang dilakukan untuk membuat beban tersebut mencapai tinggi yang sama adalah sama dengan yang diperlukan tanpa menggunakan katrol. Besarnya gaya memang dikurangi, tapi gaya tersebut harus bekerja atas jarak yang lebih jauh. Usaha yang diperlukan untuk mengangkat suatu beban secara kasar sama dengan berat beban dibagi jumlah roda. Semakin banyak roda yang ada, sistem semakin tidak efisien karena akan timbul lebih banyak gesekan antara tali dan roda. Katrol adalah salah satu dari enam jenis pesawat sederhana.


2.1  DEFINISI KATROL
Katrol pada dasarnya sama dengan tuas, oleh sebab itu dapat dimungkinkan mengangkat benda-benda yang lebih berat dari kemampuanPrinsip kerja katrol adalah mengubah arah gaya sehingga kerja yang dilakukan menjadi lebih mudah. Berdasarkan jumlah katrol yang digunakan, pesawat sederhana dibedakan menjadi sistem katrol tunggal, sistem katrol ganda, dan sistem katrol banyak atau dbiasa disebut takal. Selain itu, sistem katrol juga dapat dibedakan berdasarkan geraknya, yaitu katrol tetap dan katrol bebas. Pada sistem katrol tetap, katrol tidak dapat begerak naik turun, tetapi hanya berputar pada porosnya. Sedangkan, pada sistem katrol bebas, selain berputar pada porosnya katrol pun dapat bergerak naik turun. Katrol dalam kehidupan sehari-hari dapat kita temui pada sumur konvensional.  Macam-macam katrol di antaranya katrol tetap, katrol bergerak, katrol ganda.
Takel/Blok atau Katrol adalah suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Takel/Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuh-kan untuk mengangkat suatu beban. Walaupun demikian, jumlah usaha yang dilakukan untuk membuat beban tersebut mencapai tinggi yang sama adalah sama dengan yang diperlukan tanpa menggunakan katrol.
Takel/Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya Besarnya gaya memang dikurangi, tapi gaya tersebut harus bekerja atas jarak yang lebih jauh. Usaha yang diperlukan untuk mengangkat suatu beban secara kasar sama dengan berat beban dibagi jumlah roda. Semakin banyak roda yang ada, sistem semakin tidak efisien. karena akan timbul lebih banyak gesekan antara tali dan roda. Katrol adalah salah satu dari enam jenis pesawat sederhana.
Untuk mengangkat barang dalam arah tegak dengan kapsitas umumnya sampai 5 ton. Untuk keperluan pemasangan atau pembongkaran suatu peralatan,
bangunan atau bengkel-bengkel pada umumnya di pakar takel. Bila di perlukan gerakan mendatar, takel di gabungkan dengan peralatan lainnya. Konstruksi takel harus cukup ringan, karena takel biasanya harus mudah di gantungkan pada suatu tempat. Konstruksinya harus cukup kekar dan ringkas, dan juga di lengkapi dengan alat-alat untuk menggantungkan takel.
Katrol tunggal tetap berfungsi mengu-bah arah gaya tarik dari menarik ke atas menjadi menarik ke bawah. Keti-ka kamu menimba air tanpa melalui katrol,kamu harus menarik tali ke atas. Arah gaya beratmu adalah vertikal ke bawah. Karena arah gaya tarikmu "berlawanan" dengan arah gaya berat-mu, gaya ototmu ketika menarik tali ke atas tidak dibantu oleh gaya beratmu. Karena itu, pekerjaan menaikkan tim-
Gambar  TAKEL tunggal
Gambar katrol manual

Untuk menghindari supaya tali tidak slip, maka tali untuk katrol Weston dibuat dari rantai. Takel/katrol jenis ini dioperasikan secara manual

Katrol wetson termasuk jeniskatrol pringan juga. Pada piringan tetapnya terdiri dua piringan yang disatukan dengan diameter yang berbeda. Talinya tidak beru-jung pangkal (satu rangkaian)
Gambar katrol Weston


Perhitungan sederhana
Gaya (F) yang bekerja pada tali dengan beban (L)
Apabila F ditarik satu putaran penuh dengan piringan tetap maka usahanya adalah
2ð R1 x F
Sedang L terangkatnya hanya
Jadi
L. ð (R1 –R2) = F. 2 ð R1
Untuk menghindari supaya tali tidak slip, maka tali untuk katrol Weston-dibuat dari rantai. Didalam piringan terdapat sarang rantai yang mem-perkuatkedudukan mata rantai ter-hadap jaringan.
Katrol/takel jenis ini dioperasikan secara elektrik
Gambar takel elektrik ringan
Ada juga tabung yang digerakkan oleh motor listrik.F – R/l . LApabila tabung berputar satu putaran, maka usaha F = 2ð /F, sedang L bergerak sejauh 2ðR,
jadi : L. 2 ð R = F . 2 ð l untuk mendapatkan F yang kecil/ringan,maka l dibuat cukup panjang
Katrol kucing jalan adalah katrol dengan tenaga penggerak dari motor listrik,katrol ini dipasang pada besi profil. Dengan dilengkapi roda-roda maka katrolini bisa berjalan sepanjang besi profilnya. Dalam penggunaan kucing jalanada yang dipasang pada tiang yang dilengkapi lengan berengsel, dan ada jugayang dipasang pada besi profil yang meman-jang sepanjang areal bengkel.
`                       `Gambar takel elektrik beban berat
Kait adalah perlengkapan yang digunakan untuk menggantung beban yang diangkat. Pada ujung tangkainya terdapat ulir yang digunakan untuk mengikat bantalan aksial agar kait terse-but dapat berputar dengan leluasa. Kait dapat mengangkat mulai dari 25-100 ton
Gambar Kait
Kait terdiri atas beberapa jenis, yaitu :
1. Kait Tunggal (Single Hook) / Kait Standar
Kait ini dibuat dengan cara ditempa pada cetakan rata atau tertutup. Kait standar dapat mengangkat sampai 50 ton,
2. Kait Ganda (Double Hook)
Kait ini dibuat dengan cara ditempa pada cetakan rata atau tertutup Kait gan-da dapat mengangkat mulai dari 25-100 ton Kait ganda didesain dengan dudukan yang lebih kecil dari kait tunggal dengan kapasitas angkat yang sa-ma
3. Kait Mata Segitiga (Triangular Hook)
Kait mata segitiga   digunakan pada crane untuk mengangkat muatan diatas 100 ton 
  
Gambar Rantai Sling


Rantai yang di satukan untuk mengangkat barang dengan permukaan lebar dan berat
Webbing Sling, Ratchet Tie Down & Shackle
 The safe working load (SWL) atau working load limit (WLL) dari aksesoris yang akan digunakan.
 Kesesuaian koneksi antar aksesoris (contoh, shackle dengan sling)
 Sudut pengangkatan antara sling perlu dihiting.

Gambar webbing sling

         
Takel menurut jenisnya di bagi sebagai berikut :
1. Takel yang di gerakan tangan: a. Takel puli b. Takel di ferensial c. Takel roda gigi d. Takel ulir
2. Takel yang di gerakan motor : a. Takel listrik b. Takel preumatik/Hydroulic 1. Takel yang di gerakan tangan : a. Takel puli
Takel puli terdiri dari gabungan antara puli dan kabel atau tali baja. Takel yang di rancang untuk mengangkat lebih dari 300 kg memakai kabel baja dan penariknya di pakai lir. Takel puli ada 2 macam, yaitu : 1) Takel puli tunggal 2) Takel puli majemuk
Takel puli tunggal Ada 2 macam takel puli tunggal, yaitu : puli tunggal bebas
Katrol wetson termasuk jeniskatrol pringan juga. Pada piringan tetapnya terdiri dua piringan yang disatukan dengan diameter yang berbeda. Talinya tidak beru-jung pangkal (satu rangkaian)


Katrol wetson termasuk jeniskatrol pringan juga. Pada piringan tetapnya terdiri dua piringan yang disatukan dengan diameter yang berbeda. Talinya tidak beru-jung pangkal (satu rangkaian



BAB III
PENUTUP
1.1  KESIMPULAN
Prinsip kerja katrol atau kerek adalah membelokan gaya tujuannya agar memudahkan mengangkat atau memindahkan benda yang mempunyai berat tertentu, semakin berat benda maka semakin banyak juga katrol yang ditambahka sehingga gaya yang bekerja banyak yang dibelokan dan usaha yang bekerja menjadi ringan.
Takel/Blok atau Katrol adalah suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Takel/Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban. Bila di perlukan gerakan mendatar, takel di gabungkan dengan peralatan lainnya. Konstruksi takel harus cukup rin-gan, karena takel biasanya harus mudah di gantungkan pada suatu tempat. Katrol tunggal tetap
Katrol wetson termasuk jeniskatrol pringan juga. Pada piringan tetapnya terdiri dua piringan yang disatukan dengan diameter yang berbeda. Talinya tidak beru-jung pangkal (satu rangkaian)












DAFTAR PUSTAKA

Syukur Eman. 2013. Pesawat Sedeharna. Tersedia di: https://www.academia.edu/9222393/Pesawat_Sederhana [18.09.2015]
Modul “MENENTUKAN POSISI DENGAN ALAT NAVIGASI ELEKTRONIK “Direktorat Pendidikan Menengah KejuruanDirektorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menen-gahDepartemen Pendidikan Nasional2003
Hidayanti. 2014. Contoh soal dan Pembahasan Katrol. Tersedia di: http://mafia.mafiaol.com/2014/02/contoh-soal-dan-pembahasan-katrol.html [18.09.2015]
Nasution Amaluddin. 2015. Soal Dan Jawaban Sistem Katrol Majemuk. Tersedia di: http://bahanbelajarsekolah.blogspot.co.id/2015/03/soal-dan-jawaban-sistem-katrol-majemuk.html [18.09.2015]
Zaka. 2013. Pengertian Katrol dan Macam-Macam Katrol. Tersedia di: http://www.pengertianahli.com/2015/03/pengertian-katrol-dan-macam-katrol.html# [18.09.2015]
Sariyanti Mila. 2013. Katrol. Tersedi di: http://duniafisika09.blogspot.co.id/2013/10/katrol.html [18.09.2015]
Etana Ai. 2014. Macam-macam Katrol Gambar dan Rumusnya. Tersedia di: http://ugm-edu.blogspot.co.id/2014/12/macam-macam-katrol-gambar-dan-rumusnya.html [18.09.2015]


0 comments :

Post a Comment