MAKALAH
ALAT
ANGKAT-ANGKUT
Disusun oleh:
1.
Rozaq Mustofa Lutfi (5201413042)
2.
Adrian Dwi R (5201413019)
3.
Andi Winarno (5201413017)
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN TEKNIK MESIN S1
JURUSAN
TEKNIK
MESIN
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2015
KATA
PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah, sehingga penulis mampu menyelesaikan tugas
makalah ini guna memenuhi tugas mata kuliah alat
angkat-angkut.. Alat angkat angkut merupakan
mata kuliah yang Dalam
penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi.
Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain
berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala
yang penulis hadapi teratasi.
Makalah
ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang kaitan dengan alat angkat-angkut. Makalah ini di susun oleh
penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun
maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama
pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Semoga
makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan
pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Negeri Semarang.
Saya sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jau dari sempurna.
Untuk itu, kepada dosen pembimbing saya
meminta masukannya demi perbaikan pembuatan
makalah saya di masa yang akan datang dan
mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.
Semarang,
20 September 2015
Penulis
DAFTAR PUSTAKA
COVER
KATA PENGANTAR .................................................................................. 2
DAFTAR ISI ................................................................................................ 3
BAB I PEMBAHASAN
KATA PENGANTAR .................................................................................. 2
DAFTAR ISI ................................................................................................ 3
BAB I PEMBAHASAN
1.1 Latar
Belakang .................................................................................... 4
1.2 Rumusan
Masalah
............................................................................... 4
1.3 Tujuan
................................................................................................. 4
BAB
II PEMBAHASAN
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
........................................................................................ 34
DAFTAR
PUSTAKA ................................................................................... 35
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Pesawat sederhana
adalah segala jenis perangkat yang hanya membutuhkan satu gaya untuk
bekerja. Kerja terjadi sewaktu gaya diberikan dan menyebabkan gerakan sepanjang
suatu jarak tertentu. Kerja yang timbul adalah hasil gaya dan jarak. Jumlah
kerja yang dibutuhkan untuk mencapai sesuatu bersifat konstan, walaupun
demikian jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mencapai hal ini dapat dikurangi
dengan menerapkan gaya yang lebih sedikit terhadap jarak yang lebih jauh.
Dengan kata lain, peningkatan jarak akan mengurangi gaya yang dibutuhkan. Rasio
antara keduanya disebut keuntungan mekanik. Maka dalam makalah ini akan dibahas
tentang bagaimana cara ktrol bekerja. Dan cara menghitung katrol tersebut.
Katrol adalah suatu roda dengan bagian
berongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Katrol biasanya
digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya
yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban.
Takel/Katrol
biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah
gaya Besarnya gaya memang dikurangi, tapi gaya tersebut harus bekerja atas
jarak yang lebih jauh. Usaha yang diperlukan untuk mengangkat suatu beban
secara kasar sama dengan berat beban dibagi jumlah roda. Semakin banyak roda
yang ada, sistem semakin tidak efisien. karena akan timbul lebih banyak gesekan
antara tali dan roda. Katrol adalah salah satu dari enam jenis pesawat
sederhana.
Untuk
mengangkat barang dalam arah tegak dengan kapsitas umumnya sampai 5 ton. Untuk
keperluan pemasangan atau pembongkaran suatu peralatan, bangunan
atau bengkel-bengkel pada umumnya di pakar takel. Bila di perlukan gerakan
mendatar, takel di gabungkan dengan peralatan lainnya. Konstruksi takel harus
cukup ringan, karena takel biasanya harus mudah di gantungkan pada suatu
tempat. Konstruksinya harus cukup kekar dan ringkas, dan juga di lengkapi
dengan alat-alat untuk menggantungkan takel.
1.2
RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut
dapat dirumusakan beberapa masalah :
1.Gesekan
pada kerek biasa beroda empat
2.Gesekan
pada kerek ganda beroda tiga
3.Gesekan
pada kerek Spanyol
4.
Gesekan pada kerek Weston
1.3
TUJUAN
Berdasarkan Rumusan Masalah mempunyai
tujuan :
1.Gesekan
pada kerek biasa beroda empat
2.Gesekan
pada kerek ganda beroda tiga
3.Gesekan
pada kerek Spanyol
4. Gesekan pada kerek Weston
BAB
II
PEMBAHASAN
Pesawat sederhana adalah alat mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran
dari suatu gaya Secara umum, alat-alat ini bisa disebut sebagai
mekanisme paling sederhana yang memanfaatkan keuntungan mekanik untuk
menggandakan gaya. Sebuah pesawat sederhana menggunakan satu gaya kerja
untuk bekerja melawan satu gaya beban. Dengan mengabaikan gaya
gesek yang timbul, maka kerja yang dilakukan oleh beban besarnya akan sama
dengan kerja yang dilakukan pada beban.
Contoh: 5 Katrol Bebas dan
1 Katrol Tetap, berarti KMnya 10 kali, sehingga kuasa yang dikeluarkan semakin
sedikit. Biasanya, semakin banyak katrol yang digabung, Keuntungan mekanis
semakin besar dan kuasa yang dikeluarkan semakin kecil
Katrol
adalah suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang
untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban. Walaupun
demikian, jumlah usaha yang dilakukan untuk membuat beban tersebut mencapai
tinggi yang sama adalah sama dengan yang diperlukan tanpa menggunakan katrol.
Besarnya gaya memang dikurangi, tapi gaya tersebut harus bekerja atas jarak
yang lebih jauh. Usaha yang diperlukan untuk mengangkat suatu beban secara
kasar sama dengan berat beban dibagi jumlah roda. Semakin banyak roda yang ada,
sistem semakin tidak efisien karena akan timbul lebih banyak gesekan antara
tali dan roda. Katrol adalah salah satu dari enam jenis pesawat sederhana.
2.1 DEFINISI KATROL
Katrol pada dasarnya sama dengan tuas, oleh sebab itu dapat
dimungkinkan mengangkat benda-benda yang lebih berat dari kemampuan. Prinsip kerja katrol adalah mengubah arah
gaya sehingga kerja yang dilakukan menjadi lebih mudah. Berdasarkan jumlah
katrol yang digunakan, pesawat sederhana dibedakan menjadi sistem katrol
tunggal, sistem katrol ganda, dan sistem katrol banyak atau dbiasa disebut
takal. Selain itu, sistem katrol juga dapat dibedakan berdasarkan geraknya,
yaitu katrol tetap dan katrol bebas. Pada sistem katrol tetap, katrol tidak dapat begerak naik turun,
tetapi hanya berputar pada porosnya. Sedangkan, pada sistem katrol bebas,
selain berputar pada porosnya katrol pun dapat bergerak naik turun. Katrol
dalam kehidupan sehari-hari dapat kita temui pada sumur
konvensional. Macam-macam katrol di antaranya katrol tetap, katrol
bergerak, katrol ganda.
Takel/Blok
atau Katrol adalah suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang sisinya untuk
tempat tali atau kabel. Takel/Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian
yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang dibutuh-kan untuk mengangkat
suatu beban. Walaupun demikian, jumlah usaha yang dilakukan untuk membuat beban
tersebut mencapai tinggi yang sama adalah sama dengan yang diperlukan tanpa
menggunakan katrol.
Takel/Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang
untuk mengurangi jumlah gaya Besarnya gaya memang dikurangi, tapi gaya tersebut
harus bekerja atas jarak yang lebih jauh. Usaha yang diperlukan untuk
mengangkat suatu beban secara kasar sama dengan berat beban dibagi jumlah roda.
Semakin banyak roda yang ada, sistem semakin tidak efisien. karena akan timbul
lebih banyak gesekan antara tali dan roda. Katrol adalah salah satu dari enam
jenis pesawat sederhana.
Untuk mengangkat barang dalam arah tegak dengan
kapsitas umumnya sampai 5 ton. Untuk keperluan pemasangan atau pembongkaran suatu
peralatan,
bangunan atau bengkel-bengkel pada umumnya di pakar
takel. Bila di perlukan gerakan mendatar, takel di gabungkan dengan peralatan
lainnya. Konstruksi takel harus cukup ringan, karena takel biasanya harus mudah
di gantungkan pada suatu tempat. Konstruksinya harus cukup kekar dan ringkas,
dan juga di lengkapi dengan alat-alat untuk menggantungkan takel.
Katrol tunggal tetap berfungsi mengu-bah arah gaya
tarik dari menarik ke atas menjadi menarik ke bawah. Keti-ka kamu menimba air
tanpa melalui katrol,kamu harus menarik tali ke atas. Arah gaya beratmu adalah
vertikal ke bawah. Karena arah gaya tarikmu "berlawanan" dengan arah
gaya berat-mu, gaya ototmu ketika menarik tali ke atas tidak dibantu oleh gaya
beratmu. Karena itu, pekerjaan menaikkan tim-
Gambar
TAKEL tunggal
Gambar
katrol manual
Untuk menghindari supaya tali tidak slip,
maka tali untuk katrol Weston dibuat dari rantai. Takel/katrol jenis ini
dioperasikan secara manual
Katrol
wetson termasuk jeniskatrol pringan juga. Pada piringan tetapnya terdiri dua
piringan yang disatukan dengan diameter yang berbeda. Talinya tidak beru-jung
pangkal (satu rangkaian)
Gambar katrol Weston
Perhitungan sederhana
Gaya (F) yang bekerja pada tali dengan
beban (L)
Apabila F ditarik satu putaran penuh
dengan piringan tetap maka usahanya adalah
2ð R1 x F
Sedang L terangkatnya hanya
Jadi
L. ð (R1 –R2) = F. 2 ð R1
Untuk menghindari supaya tali tidak slip,
maka tali untuk katrol Weston-dibuat dari rantai. Didalam piringan terdapat
sarang rantai yang mem-perkuatkedudukan mata rantai ter-hadap jaringan.
Katrol/takel jenis ini dioperasikan secara elektrik
Gambar takel elektrik ringan
Ada
juga tabung yang digerakkan oleh motor listrik.F – R/l . LApabila tabung
berputar satu putaran, maka usaha F = 2ð /F, sedang L bergerak sejauh 2ðR,
jadi
: L. 2 ð R = F . 2 ð l untuk mendapatkan F yang kecil/ringan,maka l
dibuat cukup panjang
Katrol kucing jalan adalah katrol dengan
tenaga penggerak dari motor listrik,katrol ini dipasang pada besi profil.
Dengan dilengkapi roda-roda maka katrolini bisa berjalan sepanjang besi
profilnya. Dalam penggunaan kucing jalanada yang dipasang pada tiang yang
dilengkapi lengan berengsel, dan ada jugayang dipasang pada besi profil yang
meman-jang sepanjang areal bengkel.
` `Gambar takel
elektrik beban berat
Kait adalah perlengkapan yang digunakan
untuk menggantung beban yang diangkat. Pada ujung tangkainya terdapat ulir yang
digunakan untuk mengikat bantalan aksial agar kait terse-but dapat berputar
dengan leluasa. Kait dapat mengangkat mulai dari 25-100 ton
Gambar Kait
Kait terdiri atas beberapa jenis, yaitu :
1. Kait Tunggal (Single Hook) /
Kait Standar
Kait ini dibuat dengan cara ditempa pada cetakan rata
atau tertutup. Kait standar dapat mengangkat sampai 50 ton,
2. Kait Ganda (Double Hook)
Kait ini dibuat dengan cara ditempa pada cetakan rata atau tertutup Kait
gan-da dapat mengangkat mulai dari 25-100 ton Kait ganda didesain dengan
dudukan yang lebih kecil dari kait tunggal dengan kapasitas angkat yang sa-ma
3. Kait Mata Segitiga (Triangular Hook)
Kait mata segitiga digunakan pada crane untuk mengangkat muatan
diatas 100 ton
Gambar Rantai Sling
Rantai
yang di satukan untuk mengangkat barang dengan permukaan lebar dan berat
Webbing
Sling, Ratchet Tie Down & Shackle
The safe working load (SWL) atau working load limit (WLL) dari
aksesoris yang akan digunakan.
Kesesuaian
koneksi antar aksesoris (contoh, shackle dengan sling)
Sudut pengangkatan antara sling perlu dihiting.
Gambar webbing sling
Takel menurut jenisnya di bagi sebagai
berikut :
1.
Takel yang di gerakan tangan: a. Takel puli b. Takel di ferensial c.
Takel roda gigi d. Takel ulir
2. Takel yang di gerakan motor : a. Takel listrik b. Takel preumatik/Hydroulic 1. Takel yang di gerakan
tangan : a. Takel puli
Takel puli terdiri dari gabungan antara puli dan kabel atau tali baja.
Takel yang di rancang untuk mengangkat lebih dari 300 kg memakai kabel baja dan
penariknya di pakai lir. Takel puli ada 2 macam, yaitu : 1) Takel puli tunggal
2) Takel puli majemuk
Takel puli tunggal Ada 2 macam takel puli tunggal,
yaitu : puli tunggal bebas
Katrol wetson termasuk jeniskatrol pringan
juga. Pada piringan tetapnya terdiri dua piringan yang disatukan dengan
diameter yang berbeda. Talinya tidak beru-jung pangkal (satu rangkaian)
Katrol
wetson termasuk jeniskatrol pringan juga. Pada piringan tetapnya terdiri dua
piringan yang disatukan dengan diameter yang berbeda. Talinya tidak beru-jung
pangkal (satu rangkaian
BAB III
PENUTUP
1.1 KESIMPULAN
Prinsip kerja katrol atau kerek adalah membelokan gaya
tujuannya agar memudahkan mengangkat atau memindahkan benda yang mempunyai
berat tertentu, semakin berat benda maka semakin banyak juga katrol yang
ditambahka sehingga gaya yang bekerja banyak yang dibelokan dan usaha yang
bekerja menjadi ringan.
Takel/Blok atau Katrol adalah suatu roda dengan bagian berongga di
sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Takel/Katrol biasanya digunakan
dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang
dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban. Bila di perlukan gerakan mendatar,
takel di gabungkan dengan peralatan lainnya. Konstruksi takel harus cukup
rin-gan, karena takel biasanya harus mudah di gantungkan pada suatu tempat.
Katrol tunggal tetap
Katrol wetson termasuk jeniskatrol pringan
juga. Pada piringan tetapnya terdiri dua piringan yang disatukan dengan
diameter yang berbeda. Talinya tidak beru-jung pangkal (satu rangkaian)
DAFTAR
PUSTAKA
Syukur
Eman. 2013. Pesawat Sedeharna.
Tersedia di: https://www.academia.edu/9222393/Pesawat_Sederhana
[18.09.2015]
Modul
“MENENTUKAN POSISI DENGAN ALAT NAVIGASI ELEKTRONIK “Direktorat Pendidikan
Menengah KejuruanDirektorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menen-gahDepartemen
Pendidikan Nasional2003
Hidayanti.
2014. Contoh soal dan Pembahasan Katrol.
Tersedia di: http://mafia.mafiaol.com/2014/02/contoh-soal-dan-pembahasan-katrol.html
[18.09.2015]
Nasution
Amaluddin. 2015. Soal Dan Jawaban Sistem
Katrol Majemuk. Tersedia di: http://bahanbelajarsekolah.blogspot.co.id/2015/03/soal-dan-jawaban-sistem-katrol-majemuk.html
[18.09.2015]
Zaka.
2013. Pengertian Katrol dan Macam-Macam
Katrol. Tersedia di: http://www.pengertianahli.com/2015/03/pengertian-katrol-dan-macam-katrol.html#
[18.09.2015]
Sariyanti
Mila. 2013. Katrol. Tersedi di: http://duniafisika09.blogspot.co.id/2013/10/katrol.html
[18.09.2015]
Etana
Ai. 2014. Macam-macam Katrol Gambar dan
Rumusnya. Tersedia di: http://ugm-edu.blogspot.co.id/2014/12/macam-macam-katrol-gambar-dan-rumusnya.html
[18.09.2015]
0 comments :
Post a Comment